Berita SYARIA

  • Redaksi SYARIA
  • Artikel
  • Selasa, 02 January 2024

Manfaat Konsultasi Keluarga Dalam Islam

Konsultasi keluarga dalam Islam sangat ditekankan sebagai salah satu cara untuk memecahkan masalah, mencapai keadilan, dan memperkuat ikatan antara anggota keluarga. Permasalahan yang muncul dalam keluarga mulai dari hubungan tidak harnonis antara suami dan istri, masalah Pendidikan anak, masalah pergaulan remaja putri, hingga urusan Pendidikan anak. Jika dalam perjalannya hal-hal tersebut memunculkan masalah, maka sangat dianjurkan untuk melakukan konsultasi keluarga baik dengan psikolog, ustadz maupun keluarga terdekat yang dirasa mampu memberikan solusi. Berikut beberapa prinsip dan pedoman konsultasi keluarga dalam Islam:

1.    Pentingnya Konsultasi:

Allah SWT berfirman dalam Al-Qur'an, "Dan mereka (orang-orang yang beriman) yang memberi petunjuk kepada mereka dalam urusan mereka adalah orang-orang yang memperoleh rahmat (pertolongan) dan petunjuk dari Tuhan mereka, dan mereka itulah orang-orang yang mendapat petunjuk." (Al-Baqarah: 157)

Rasulullah SAW juga memberikan contoh dengan selalu mengajak konsultasi dalam berbagai keputusan.

 

2.    Peran Suami dan Istri:

Suami dan istri diharapkan untuk saling berdiskusi dan mengambil keputusan bersama dalam kehidupan keluarga.

Nabi Muhammad SAW bersabda, "Perempuan itu adalah wali (pemimpin) dalam rumah tangga suaminya dan dia akan diminta pertanggungjawaban atas amanah tersebut." (HR. Bukhari)

 

3.    Keadilan:

Penting untuk menjaga keadilan dalam memberikan pendapat dan membuat keputusan.

Rasulullah SAW bersabda, "Seandainya seorang hakim memberikan putusan tanpa memiliki ilmu (pengetahuan) yang cukup, maka dia telah menyesatkan dirinya sendiri dan telah menyesatkan orang yang mengadukan kepadanya." (HR. Abu Dawud)

 

4.    Pendekatan Lembut:

Dalam konsultasi keluarga, disarankan untuk menggunakan bahasa yang lembut, menghormati pendapat satu sama lain, dan mencari solusi bersama.

Allah SWT menyebutkan dalam Al-Qur'an, "Serulah kepada jalan Tuhanmu dengan hikmah dan pelajaran yang baik, dan bantahlah mereka dengan cara yang baik." (An-Nahl: 125)

 

5.    Doa dan Tawakal:

Sebelum mengambil keputusan, sangat dianjurkan untuk berdoa meminta petunjuk kepada Allah dan menyerahkan segala urusan kepada-Nya.

"Dan apabila kamu telah memutuskan suatu perkara, maka bertawakallah kepada Allah. Sesungguhnya Allah menyukai orang-orang yang bertawakal." (Ali Imran: 159)

 

6.    Pendekatan Islami:

Dalam konsultasi, penting untuk merujuk pada ajaran Islam dan memastikan bahwa keputusan yang diambil sesuai dengan nilai-nilai dan prinsip Islam.

 

7. Menjaga Rahasia:

Selama konsultasi keluarga, menjaga kerahasiaan perkara-perkara pribadi dan keluarga adalah suatu tindakan yang dianjurkan dalam Islam.

 

Konsultasi keluarga dalam Islam merupakan bagian integral dari konsep keadilan, musyawarah, dan keberkahan dalam kehidupan keluarga. Kebersamaan dalam mengatasi masalah akan memperkuat hubungan antaranggota keluarga serta mendapatkan berkah dari Allah SWT. Selain konsultasi masalah keluarga secara umum, konsultasi terkain pernikahan atau rumah tangga juga sangat dianjurkan untuk menghindari masalah yang lebih besar dan menimbulkan hal-hal yang tidak diinginkan. Konsultasi pernikahan atau konseling pernikahan adalah salah satu solusi yang sangat dianjurkan jika mengalami riak-riak dalam rumah tangga setelah berjalan beberapa lama

 

Konsultasi keluarga dalam Islam memiliki banyak manfaat yang melibatkan aspek kehidupan spiritual, emosional, sosial, dan praktis. Beberapa manfaat konsultasi keluarga dalam Islam meliputi:

1.    Menguatkan Hubungan Keluarga:

Konsultasi membantu dalam membangun dan memperkuat hubungan antara anggota keluarga. Proses konsultasi memungkinkan setiap anggota keluarga untuk merasa didengar dan dihargai.

 

2.    Pencapaian Keputusan Bersama:

Dengan melakukan konsultasi, keluarga dapat mencapai keputusan bersama. Ini menciptakan rasa kepemilikan bersama terhadap keputusan dan menghindari ketidakpuasan atau ketidakpuasan pihak tertentu.

 

3.    Mewujudkan Keadilan:

Konsultasi memainkan peran penting dalam mewujudkan prinsip keadilan dalam kehidupan keluarga. Setiap anggota keluarga memiliki kesempatan untuk menyampaikan pendapatnya dan mendapatkan perhatian yang adil.

 

4.    Pembelajaran Bersama:

Proses konsultasi memungkinkan anggota keluarga untuk belajar satu sama lain. Setiap individu dapat memberikan perspektif, pengetahuan, atau pengalaman yang bermanfaat bagi keluarga secara keseluruhan.

 

5.    Menyediakan Solusi Islami:

Konsultasi dalam kerangka Islam memastikan bahwa keputusan yang diambil sesuai dengan nilai-nilai dan ajaran Islam. Hal ini memberikan landasan moral dan etika dalam setiap langkah yang diambil.

 

6.    Mengatasi Masalah dengan Damai:

Konsultasi membantu keluarga dalam mengatasi masalah atau konflik dengan cara yang damai dan Islami. Keterlibatan semua pihak dapat membantu menemukan solusi yang saling memuaskan.

 

7.    Meningkatkan Kualitas Komunikasi:

Konsultasi keluarga melibatkan komunikasi yang terbuka dan efektif antara anggota keluarga. Ini dapat meningkatkan pemahaman, empati, dan toleransi satu sama lain.

 

8.    Menciptakan Lingkungan Keluarga yang Berkah:

Dengan berlandaskan pada nilai-nilai Islam dan melakukan konsultasi secara bersama-sama, keluarga dapat menciptakan lingkungan yang penuh berkah dan mendapatkan rahmat Allah.

 

9.    Peningkatan Kesadaran Spiritual:

Konsultasi keluarga dapat menjadi sarana untuk meningkatkan kesadaran spiritual, baik melalui doa bersama, telaah ayat-ayat Al-Qur'an, atau diskusi tentang aspek spiritual kehidupan sehari-hari.

 

10. Pembentukan Pribadi yang Seimbang:

Konsultasi membantu individu dalam keluarga untuk berkembang secara holistik, melibatkan aspek fisik, mental, emosional, dan spiritual.

 

Konsultasi keluarga dalam Islam bukan hanya sekadar upaya menyelesaikan masalah, tetapi juga merupakan cara untuk membangun fondasi yang kuat untuk kehidupan keluarga yang bahagia dan sukses, dengan berlandaskan pada prinsip-prinsip Islam. Konsultasi keluarga ini bisa dilakukan secara offline maupun online. Bisa langsung bertemu dengan psikolog, ustadz maupun tokoh yang kita hormasi. Alternatif lainnya adalah dengan cara konsultasi online lewat aplikasi seperti SYARIAID. Kita dapat konsultasi keluarga, konsultasi pernikahan maupun konseling pernikahan dengan Ustadz lewat aplikasi SYARIAID

 

 

Bagikan artikel ini

Berita terkait